Atmosfer Selimut Ajaib Pelindung Bumi

Saturday, 1 June 2013

Ternyata Planet Bumi yang kita tinggali ini mempunyai selimut ajaib yang melindungi bumi dari benda asing dari luar angkasa, dan selimut ajaib tersebut ada dua macam;
1. Selimut Atmosfer.
2. Selimut Magnetosfer.
Dan masing-masing memiliki tugas untuk melindungi bumi.



Atmosfer adalah udara di permukaan Bumi. Udara ini terdiri dari molekul dan atom gas yang tidak terlihat oleh mata.
Molekul dan atom gas dapat bergerak dengan bebas dan juga dapat menangkap atom lain dan juga energi.

Dan perlu anda ketahui ternyata suhu atmosfer itu berbeda-beda. Suhu Atmosfer terdekat dengan Bumi adalah panas dan semakin naik ke atas atmosfer semakin dingin. Atmosfer juga memiliki batas, dan atmosfer Bumi habis pada ketinggian 10.000 kilometer dari permukaan Bumi. Suhu atmosfer terluar adalah yang paling panas, karena mendapatkan paparan energi matahari secara langsung.

Molekul dan atom gas semakin padat di atmosfer yang dingin, berbanding sebaliknya dengan atmosfer yang panas, molekul dan atom gas semakin jarang.

Magnetosfer adalah suatu daerah di angkasa yang
bentuknya ditentukan oleh luasnya medan magnet internal Bumi, plasma angin surya , dan medan magnet antar.planet, selain Bumi, ada juga planet-planet lain di tata surya kita yang diselubungi magnetosfer, antara lain; Merkurius, Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus adalah termasuk planet yang diselubungi magnetosfer.

Planet Bumi bola batuan padat yang berputar, di pusat Bumi terdapat Inti Bumi yang berupa besi dan nikel. Diatas inti Bumi terdapat lapisan besi cair. Saat Bumi berputar besi cair didalam bola bumi juga berputar, mengakibatkan bola Bumi menghasilkan medan magnet.

Manfaat Selimut Bumi
Planet Bumi kita tercinta ini menerima energi matahari setiap hari, juga di hujani batuan dari luar angkasa, batuan luar angkasa yang jatuh ke Bumi akan bergesekan dengan atmosfer, saat bergesekan maka batuan luar angkasa tersebut akan terbakar dan hancur. Batuan luar angkasa tampak bercahaya saat jatuh ke Bumi. Orang sering menyebutnya Bintang Jatuh atau Meteor. Bayangkan saja apa jadinya bumi jika tidak ada atmosfer.

Selain itu Ionosfer juga bisa memantulkan gelombang radio dan kita sering memanfaatkannya untuk mendengarkan lagu dan berita dari stasiun radio.
Ionosfer merupakan lapisan Atmosfer paling luar yang terkena langsung energi Matahari, molekul gas di atmosfer yang terluar jadi panas dan bermuatan listrik, atau istilah kerennya molekul gas mengalami Ionisasi, maka lapisan terluar atmosfer bumi di sebut Ionosfer.

Magnetosfer melindungi bumi dari angin matahari yang bermuatan listrik. Angin matahari ditangkap selimut magnetosfer dan disalurkan ke kutub utara dan Kutub selatan Planet Bumi, dan mengakibatkan munculnya selendang cahaya di langit kutub utara, atau sering disebut Aurora. Selain melindungi bumi dari angin Matahari, Magnetosfer juga berfungsi sebagai penangkal petir bagi Bumi, yang berarti lapisan ini menangkal radiasi berbahaya yang berasal dari matahari.